Ukuran
Kualitas Kinerja Guru
Menurut
T R. Mitchel(1978), salah satu ukuran standar adalah quality
works, hal ini diperjelas lvancevich
bahwa ukuran litas kinerja guru dapat dilihat dari Produktivitas Pendidikan
yang menyangkut putput siswa yang dihasilkan,
Paul Mali u mendefini-ikan produktivitas adalah bagaimana menghasilkan
Produk meningkatkan hasil setinggi mungkin dengan memanfaatkan sumber daya secara efisien.
Hubungan produktivitas dengan kinerja
seseorang dipaparkan sutermeister(1976),
bahwa
1.
Produktivitas itu kira-kira 90 bergantung pada prestasi kerja dan 10g, tergantung pada teknologi dan bahan yang
digunakan.
2. Prestasi kerja itu sendiri untuk 80-90% bergantung pada motivasinya untuk
bekerja, 10-201 bergantung pada
kemampuannya.
3 Motivasi kerja 50% bergantung pada kondisi sosial, 40%bergantung pada
kebutuhan-kebutuhannya, 10% bergantung pada kondisi kondisi fisik.
Dari
gambaran tersebut dapatlah dikatakan bahwa kinerja guru akan L memiliki
pengaruh terhadap produktivitas pendidikan.
Besarnya pengaruh pada tingkat efektivitasnya baik secara intemal maupun
ekstermal diung- Na kapkan oleh
Depdiknas sebagai berikut.
"Efektivitas
output sekolah dapat dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu: Pertama
efektivitas internal, merujuk pada
keluaran pendidikan yang tidak diukur secara moneter seperti prestasi
belajar, dan dumlah lulusan yang
bersifat material dan bukan material seperti buku paket. metode pembelajaran, media pembelajaran, kurikulum,dan sebagainya. Kedua efektivitas eksternal, merujuk pada perbandingan antara masukan yang
bersifat bukan maneter dengan keluaran yang bersifat moneter, misalnya penjurusan program pendidikan
tertentu berpengaruh tet hadap tingkat penghasilan lulusan yang telah bekerja".
(Rusman, 2012 : 52)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar