FUNGSI KURIKULUM
1. Fungsi penyesuaian
atau the adjastive of adaptive function Fungsi penyesuaian
berarti individu harus mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungannya secara
menyeluruh. Lingkungan yang selalu berubah dan bersifat dinamis menuntut
individu harus memiliki kemampuan menyesuaikan diri secara dinamis pula.
Disinilah letak fungsi kurikulum sebagai alat pendidikan sehingga individu bersifat well
adjusted.
2. Fungsi
pengintegrasian atau the integrating function Kurikulum
berfungsi mendidik pribadi-pribadi yang terintegrasi, oleh sebab itu individu
itu sendiri merupakan bagian integral dari masyarakat, sehingga pribadi yang
terintegrasi itu akan memberikan kontribusi terhadap pembentukan dan
pengintegrasian masyarakat.
3. Fungsi
deferensiasi atau the defferentiating function Kurikulum perlu
memberikan pelayanan terhadap perbedaan-perbedaan perorangan dalam masyarakat.
Pada dasarnya deferensiasi akanmendorong orang berfikir kritis dan kreatif,
sehingga mendorong kemajuan dalam masyarakat.Akan tetapi bukan berarti bahwa
dengan deferensiasi kita mengabaikan solidaritas sosial dan integrasi,
melainkan deferensiasi itu sendiri juga untuk menghindarkan terjadinya stagnasi
sosial.
4. Fungsi persiapan
atau the propeadeutic function. Kurikulum berfungsi
memperisapkan siswa agar mampu melanjutkan studi lebih lanjut untuk suatu
jangkauan yang lebih jauh, apakah melanjutkanpendidikan yang lebih tinggi atau
persiapan untuk belajar di masyarakat. Hal ini diperlukan mengingat sekolah
tidak mungkin memberikan semua yang diperlukan siswa atau yang menarik minat
siswa.
5. Fungsi pemilihan
atau the selective function. Antara keberbedaan/deferensiasi dan
pemilikan/seleksi adalah dua hal yang erat hubungannya. Pengakuan terhadap
keberbedaan berarti pula diberikannya kesempatan bagi seseorang untuk memilih
apa yang diinginkannya dan menarik minatnya. Kedua hal tersebut merupakan kebutuhan
bagi masyarakat yang menganut sistem demokrasi.Untuk mengembangkan kemampuan
tersebut kurikulum perlu disusun secara fleksibel.
6. Fungsi diagnostik
atau the diagnostic function Salah satu segi pelayanan
pendidikan, ialah membantu dan mengarahkan siswa agar mereka mampu memahami dan
menerima dirinya sehingga dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Ini
dapat dilakukan bila mereka menyadari kelemahan dan kekuatan yang dimilikinya,
sehingga ia sendiri yang memperbaiki kelemahan dan mengembangkan sendiri
potensi yang ada pada dirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar