Menurut Suprijono (2009: 46) model pembelajaran mengacu pada
pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan
pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan pengelolaan kelas, mengemukakan
maksud dari model pembelajaran adalah: Kerangka konseptual yang melukiskan
prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk
mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para
perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar
mengajar. Model pembelajaran merupakan suatu pola yang dipakai oleh guru untuk
membentuk kurikulum, artinya para guru boleh memilih model pembelajaran yang
sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajarannya.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemilihan model
pembelajaran, sebagai berikut:
a.
Tujuan
yang hendak dicapai
Tujuan adalah sasaran yang dituju dari setiap kegiatan
belajar mengajar. Karakteristik tujuan yang akan dicapai sangat mempengaruhi
penentuan model.
b.
Materi
pelajaran
Materi pelajaran ialah sejumlah materi yang hendak
disampaikan oleh guru untuk bisa di pelajari dan dikuasai oleh peserta didik.
c.
Siswa
Siswa sebagai subjek belajar memiliki karakteristik yang
berbeda-beda, baik minat, bakat, kebiasaan, motivasi situasi sosial, lingkungan
keluarga, dan harapan terhadap masa depannya. Semua perbedaan itu akan
berpengaruh terhadap penentuan model pembelajaran.
d.
Fasilitas
Fasilitas dapat mempengaruhi pemilihan dan penentuan
model pembelajaran. Ketiadaan fasilitas akan sangat mengganggu pemilihan model
yang tepat.
e.
Situasi
Situasi kegiatan belajar merupakan setting
lingkungan pembelajaran yang dinamis. Guru harus teliti dalam melihat situasi.
f.
Guru
Setiap orang memiliki kepribadian, perfomanc bstyle,
kebiasaan dan pengalaman belajar berbeda-beda. Kompetensi mengajar biasanya di
pengaruhi oleh latar belakang pendidikan. Guru yang latar belakang pendidikan
keguruan biasanya lebih terampil dalam memilih model dan tepat dalam
menerapkannya.
Dengan demikian model pembelajaran tersebut merupakan
pola umum perilaku untuk mencapai tujuan pembelajaran. Siswa akan lebih mudah
mendapatkan informasi, ide, keterampilan, cara berpikir, dan mengekspresikan
ide melalui model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Model pembelajaran
dapat digunakan guru sebagai pedoman dalam merencanakan proses belajar mengajar.
Berdasarkan pendapat-pendapat yang telah dipaparkan di
atas maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah kerangka konseptual
atau perencanaan yang digunakan sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan
pembelajaran. Dimana setiap guru diharapkan mampu menerapkan model pembelajaran
inovatif dan mencari perangkat - perangkat pembelajaran yang lebih kreatif
dalam menyampaikan materi di kelas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar